PEMBAHASAN SURVEY MAWAS DIRI

WAYAN PUTU MAHARDIKA 31 Januari 2019 08:46:42 WITA

Pejarakan-buleleng.desa.id- Hari Senin, 28 Januari 2019 diadakan rapat mengenai pembahasan hasil survey Kader PHBS Desa Pejarakan. Rapat kali ini di isi oleh staff dari Puskesmas Gerokgak II dan dihadiri oleh Perbekel Pejarakan, Bapak Made Astawa, Para Kader, Para Kelian Banjar Dinas sewilayah Desa Pejarakan. Pembukaan diisi oleh Perbekel Pejarakan Bapak I Made Astawa yang menegaskan kepada semua kelian Banjar Dinas yang ada di Desa Pejarakan agar melakukan Gerakan Serentak Pembrantasan Sarang Nyamuk (GSP), karena dilihat dari curah hujan yang sangat tinggi di Desa Pejarakan. Beliau juga berharap dengan sering diadakannya gerakan pembrantasan sarang nyamuk, Masyarakat Desa Pejarakan tidak ada yang terkena penyakit Demam berdarah.

 

Staff dari Puskesmas Gerokgak II, membahas tindak lanjut survey Kader PHBS yang dilakukan di tahun 2018. Point point yang dibahas ialah:

  • Kelahiran anak yakni apakah ada masyarakat di Desa Pejarakan masih ada yang melahirkan tidak mempergunakan bantuan dokter / Bidan.
  • Bahaya Roko yakni Masyarakat diharapkan diberikan pemahaman tentang bahaya rokok, walaupun tidak merokok secara langsung tapi diusahakan merokok ditempat yang terbuka supaya penyakit penyakit yang terdapat di rokok tidak menempel di dingding, meja, kursi, baju dan yang lainya.
  • Garam yodium yakni manfaat penggunaan garam beryodium di masyarakat yaitu pencegahan penyakit gondok, mencerdaskan anak dan pencegahan shanting (penyakit Cebol / Kerdil).
  • Air minum yakni air minum yang dikonsumsi oleh masyarakat diharapkan dimasak terlebih dahulu, untuk memastikan tidak ada kuman, virus yang terkandung di air minum.
  • Makan buah dan sayur yaitu manfaat makan buah dan sayuran untuk terbiasa menerapkan hidup sehat agar terhindar dari penyakit (penyakit tidak menular, diabet, hipertensi, dll)
  • Gizi Buruk yaitu masyarakat Desa Pejarakan yang mengalami kekurangan gizi agar mendapat perhatian lebih dengan memberi tambahan makanan dan gizi yang cukup oleh Puskesmas Gerokgak II.
  • Cuci Tangan dengan sabun dan air mengalir memiliki fungsi agar bakteri yang menempel ditangan tidak masuk ke dalam tubuh, oleh sebab itu sebelum makan di haruskan mencuci tangan dengan sabun dan di air yang mengalir.
  • Imunisasi pada anak yaitu imunisasi yang sekarang mencapai umur 2 tahun untuk balita agar balita terhindar dari penyaki – penyakit yang tidak diinginkan.
  • Jamban / tempat Buang Air Besar diharapkan agar masyarakat Desa Pejarakan tidak ada lagi yang bAB sembarangan demi kesehatan.
  • Dan pembrantasan sarang nyamuk.

Dokumen Lampiran : PEMBAHASAN SURVEY MAWAS DIRI


Komentar atas PEMBAHASAN SURVEY MAWAS DIRI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pejarakan

tampilkan dalam peta lebih besar