PENUTUPAN PELATIHAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (KPMD)

WAYAN PUTU MAHARDIKA 29 Juni 2018 13:32:28 WITA

Hari ini Jumat 15 Desember 2017 adalah merupakan hari terakhir pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang diselenggarakan oleh balai Latihan Masyarakat Denpasar bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa yang di mulai dari Tanggal 11 -15 Desember 2017 selama 5 hari (40 jam pelajaran), yang bertempat di Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Pelatihan ini bisa diselenggarakan berdasarkan surat Keputusan Kuasa Penggunaan Anggaran Balai Latihan Masyarakat Denpasar Nomor: KEP-3485/BLM-DPS/12/2017 Tanggal 07 Desember 2017.

Acara penutupan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kecamatan Gerokgak ditutup langsung oleh Camat Gerokgak Bapak Putu Ariadi Pribadi,S. STP, M. AP yang disaksikan langsung oleh KASI Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Buleleng dan KASI Pembangunan Kecamatan Gerokgak. Di kesempatan Kali ini juga Bapak Putu Ariadi Pribadi,S. STP, M. AP memberikan pengarahan pengarahan kepada ke 30 Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa yang mengikuti pelatihan, beliau menegaskan bahwa ke 30 Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa bisa menerapkan / mengimplementasikan apa yang didapat saat pelatihan ke Desa masing masing dengan harapan Desanya menjadi lebih maju, berkembang dan bisa menjadi Desa yang mandiri. Desa yang mandiri yang dimaksudkan adalah desa yang mampu mandiri dan mampu mengelola potensi potensi yang ada di masing masing Desa untuk bisa dikembangkan dan Desa tersebut mendapat penghasilan dari pengembangan potensi itu jadi Desa tersebut tidak bergantung pada Bantuan Pemerintah.

Tidak Lupa juga Bapak Putu Ariadi Pribadi,S. STP, M. AP meminta kepada ke 30 kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kecamatan Gerokgak yang terbagi menjadi 13 Desa se-kecamatan Gerokgak agar dapat bekerja sama dengan Aparatur Desa, Kepala Desa, BPD dan lembaga lembaga lain yang ada di Desanya. Dengan peran serta para Kader pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang ada sekarang diharapkan bisa memberikan masukan, gagasan / usulan kepada Kepala Desa dan ketua BPD dalam pembentukan RPJM DESA dan para kader bisa menjadi jembatan ke antara masyarakat dengan pemerintahan Desa. Bapak Putu Ariadi Pribadi,S. STP, M. AP menginginkan agar peran aktif para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) bisa berkesinambungan, sesuai tugas, fungsinya dan tidak hanya untuk formalitas saja. Tidak lupa pula Bapak Putu Ariadi Pribadi,S. STP, M. AP meminta kepada panitia untuk membuatkan Group supaya komunikasi antara para Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) yang ada di masing masing Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi bisa terjalin dengan baik dan mudah untuk berkomunikasi saat ada kendala di lapangan. Penutupan acara Pelatihan Kader pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dilakukan dengan pembagian sertifikat dan menyanyikan lagu Pada Mu Negeri, dengan demikian dinyatakan pelatihan kali ini dinyatakan selesai.

Komentar atas PENUTUPAN PELATIHAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (KPMD)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pejarakan

tampilkan dalam peta lebih besar