PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG - HARI PERTAMA

Gede Sugawe Antara 29 Mei 2019 08:45:35 WITA

Pejarakan-buleleng.desa.id – Pada Tagal 21 Mei 2019 Pokdarwis Desa Pejarakan mendapat kesempatan untuk Pelatihan tentang Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kabupaten Buleleng yang di adakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng (DISPAR). Pelatihan Tata kelola Distinasi Pariwisata di Kabupaten Buleleng kali ini di lakukan di Hotel Adi Assri Beach Resort & Spa Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

 

Pelatihan tentang Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kabupaten Buleleng di ikuti oleh 40 Orang yang terdiri dari Stake Holder yang ada di Desa dan anggota Pokdarwis Khususnya yang ada di Kecamatan Gerokgak. Desa Desa yang sudah memiliki POKDARWIS seperti Pokdarwis Pengulon, Pokdarwis Telukan Bawang, Pokdarwis Musi, Pokdarwis Pemuteran, Pokdarwis Pejarakan dan Pokdarwis Sumberklampok.

 

Tujuan dan harapan Pelatihan tentang Tata Kelola Destinasi Pariwisata di Kabupaten Buleleng yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng (DISPAR) adalahPembangunan Kepariwisataan yang ada di kabupaten Buleleng dengan dilakukan dengan Tata Kelola yang baik, dengan melibatkan Lembaga Pokdarwis sebagai Garda terdepan dalam mengelola Destinasi Pariwisata di masing masing Desa. Pengembangan potensi potensi yang ada di masing masing desa melalui Pokdarwis.

 

Pemerintahan Desa Pejarakan diwakili oleh Kasi Pemerintaha Bapak Komang Astawa, Desa Pakraman Pejarakan di wakili oleh Putu Dedik, Pokdarwis Desa Pejarakan diwakili oleh Gede Sugawe Antara, Abdul Hari, I Ketut Sarka dan I Ketut Danu.

 

Pelatihan Pertama  atau pembukaan di lakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dan dilanjutkan dengan isian Materi dari Dosen Prodi Destinasi Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Nusa Dua Bali Bapak Ida Bagus Gede Agung Widana (BAGUS). Beliau menegaskan Target Wisatawan yang dating kebali pada umumnya dan Kabupaten Buleleng pada khususnya. Beliau juga menegaskan tentang Komitmen antar pelaku Pariwisata antar Desa agar persaingan bisa secara sehat tidak dengan saling sikut. Untuk itu perlu pemerataan Sumber Daya Manusia di antara pelaku Pariwisata, peningkatan kesadaran dan peran masyarakat.

 

Narasumber ke dua yaitu Bapak I Wayan Mertha, SE. M.SI. Kepala Puslitabmasstp Nusa Dua Bali beliau menjelaskan Tujuan dari pembangunan Kepariwisataan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, yaitu sebagai berikut : meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, memajukan kebudayaan, mengangkat citra bangsa, memupuk rasa cinta tanah air, memperkokoh jati diri dan kesatuan bangsa dan yang terakhir mempererat persabatan antar bangsa.

Komentar atas PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BULELENG - HARI PERTAMA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pejarakan

tampilkan dalam peta lebih besar