RUMAH PILAH – POKDARWIS DESA PEJARAKAN

Gede Sugawe Antara 16 Mei 2019 14:08:46 WITA

Pejarakan-buleleng.desa.id – Desa Pejarakan sekarang sudah mulai dikenal secara Nasional dan Internasional. Pertumbuhan Pariwisata yang berkembang dengan pesatnya yang menyebabkan Desa Pejarakan sudah dikenal. Dari Destinasinya, Hotel, Villa, Bungallow dan penginapan / Homestay yang sudah ada di Desa Pejarakan, maka Generasi Muda / Pelaku Pariwisata harus sudah mulai memperhitungkan masa depan Pariwisata yang ada di Desa Pejarakan.

Di Desa Pejarakan sekarang sudah ada wadah yang bergerak di bidang Pariwisata yang dikenal dengan “POKDARWIS DESA PEJARAKAN”. Pokdarwis Desa Pejarakan berdiri sebagai wadah resmi yang di akui oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng (DISPAR), Kecamatan Gerokgak, Pemerintahan Desa Pejarakan dan Desa Pakraman Pejarakan. Pokdarwis Desa Pejarakan pada Tahun 2019 mempunyai Target khusus untuk Memerangi / memberantas sampah plastik. Dengan perhitungan sudah berkembangnya Pariwisata di Desa Pejarakan harus diimbangi dengan pembersihan dan pemeliharaan lingkungan, terutama sampah plastic. Sampah Plastik sangat berbaya bagi lingkungan dan sangat berbanding terbalik dengan konsep pariwisata.

Pokdarwis Desa Pejarakan sudah membangun tempat pemilihan sampah plastic yang berlokasi di Banjar Dinas Batu Ampar.Kenapa di Banjar Dinas Batu Ampar itu dikarenakan Banjar Dinas Batu Ampar dijadikan PILOT PROJET / Percontohan untuk memerangi sampah plastik. Rumah Pilah ini dibangun dengan tujuan untuk mempermudah memilah dan penyimpanan sampah plastic sebelum didistribusikan ke pengepul. Pokdarwis Desa Pejarakan akan membagikan bak sampah di masing masing rumah penduduk untuk berjalanya program penanggulangan sampah plastic ini.

Pokdarwis Desa Pejarakan melakukan kerja sama dengan PUR PROJET, Biosphare Foundation, Hotel – Hotel, villa, Bunggalow, Dive Centre dan homestay / Penginapan yang ada di wilayah Desa Pejarakan. Diharapkan dengan adanya Rumah Pilah dan Pokdarwis Desa Pejarakan Desa Pejarakan akan bebas dari sampah plastiK.

Diharapkan dengan sudah adanya pengelola sampah plastik Desa Pejarakan bisa menjadi Desa yang bebas dari sampah plastik dan Pariwisata Desa Pejarakan bisa semakin maju dan dikenal di nasional dan internasional. diharapkan juga Pokdarwis Desa Pejarakan bisa menambah objek wisata baru lagi untuk Desa Pejarakan, sesuai intruksi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng (DISPAR).

Komentar atas RUMAH PILAH – POKDARWIS DESA PEJARAKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pejarakan

tampilkan dalam peta lebih besar