POKDARWIS DESA PEJARAKAN

Gede Sugawe Antara 28 Juni 2019 10:48:45 WITA

Pejarakan-buleleng.desa.id – Puji Syukur kehadapan Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa. Telah terbentuk Pokdarwis Desa pejarakan untuk mengajak masyarakat berkolaborasi menangani sampah. Rumah pilah sudah bisa digunakan. POKDARWIS DESA PEJARAKAN, sebuah kelompok yang didirikan oleh beberapa tokoh masyarakat Desa Pejarakan yang perduli dengan Pariwisata, kebersihan, kelestarian alam Desa Pejarakan. Pokdarwis Desa Pejarakan juga sudah memiliki legalitas yang berbentuk SK NO : 600/52/1/2015 dari Pemerintahan Desa Pejarakan dan sudah memiliki Legalitas yang berbentuk SKT dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng dan SK Bank Sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten, yang nantinya memiliki peranan penting didalam melakukan Pemeliharaan Objek – Objek Wisata, Pengembangan Objek Wisata, Melakukan Penghijauan, Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan di

 Latar Belakang Pokdarwis Desa Pejarakan - Limbah sangat mengkhawatirkan bagi kita semua - kita adalah penyebab munculnya sampah dan kehidupan kita telah terpengaruh olehnya. Sampah menyebabkan berkurangnya keindahan alam, sampah juga menghancurkan kehidupan laut serta mengancam kesehatan manusia melalui pembakaran sampah dan keberadaan mikroplastik. Masyarakat dan perekonomian Bali mengandalkan alam yang bersih – baik untuk pariwisata, perikanan, maupun pertanian. Hubungan manusia dengan alam sangat terkait dengan agama dan budaya di pulau Bali.

Sekarang adalah saatnya untuk bergandengan tangan demi melindungi Bali dan alamnya yang bersih dari sampah yang tak terkendali serta plastik yang makin banyak. Karena kurangnya infrastruktur untuk pengelolaan limbah di Bali Barat, maka:

  1. Sulit bagi resort dan hotel di daerah tersebut untuk membuang sampah secara bertanggung jawab.
  1. Polusi sampah plastik yang ada di darat, laut dan udara di daerah tersebut memiliki dampak negatif, sehingga daerah ini sulit untuk dipromosikan sebagai tujuan wisata yang berkelanjutan.

CLEAN PEJARAKAN – CLEAN MENJANGAN ( INISIATIF PEJARAKAN BERSIH DAN INISIATIF MENJANGAN BERSIH)

POKDARWIS DESA PEJARAKAN dan BIOSPHERE FOUNDATION telah bermitra pada inisiatif ini, yang didukung secara finansial oleh PUR Projet. Inisiatif ini berupa:

  1. Penyediaan infrastruktur (misalnya fasilitas pengumpulan & pemilahan sampah plastik untuk pengelolaan limbah, yang merupakan kerja sama antara otoritas dan masyarakat setempat, serta,
  1. Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan limbah yang bertanggung jawab dan solusi untuk mengurangi plastik sekali pakai.

 

Diharapkan Pokdarwis dapat berperan dan berfungsi sesuai yang diharapkan dan apa yang menjadi harapannya bisa tercapai.

Dokumen Lampiran : POKDARWIS DESA PEJARAKAN


Komentar atas POKDARWIS DESA PEJARAKAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Pejarakan

tampilkan dalam peta lebih besar